FP-45 Liberator (1942)

FP-45 Liberator | Sumber foto

FP-45 Liberator adalah sebuah pistol yang diproduksi di Amerika Serikat pada era perang dunia kedua tepatnya tahun 1942.

Didesain oleh George Hyde, seorang desainer senjata api kelahiran Jerman yang juga sukses lewat karyanya, M3 Grease Gun.

Awalnya pengembangan dimulai oleh US Army Joint Psychological Warfare Committee atas sugesti dari atase militer Polandia. Namun dua bulan kemudian George Hyde atas nama Inland Manufacturing Division dari General Motors Corporation mengambil alih. Namun produksi dialihkan kembali ke Guide Lamp Division (masih anak dari General Motors) karena Inland Division diprioritaskan untuk memproduksi M1 Carbine.

“FP” sendiri adalah singkatan dari “Flare Pistol”. Dan “Liberator” sendiri kemungkinan karena pistol ini banyak dikirim ke wilayah okupansi militer blok-poros (Perancis, Yunani dan sebagian Eropa Timur. Bahkan beberapa ribu unit dikirim ke Tiongkok dan Filipina) dan digunakan oleh pasukan insurgensi disana. Maka dari itu dinamakan “Liberator” (mungkin). Sedangkan militer AS mengidentifikasi senjata ini sebagai “Flare Projector” .45 cal (disingkat FP-45). Dibuat sebagai senjata psikologis. Cara kerjanya adalah seorang militan insurgen akan mempersenjatai dirinya dengan pistol ini kemudian mengendap mendekati musuh dan menembaknya sampai mati atau mengancam dan mengambil senjata si tentara musuh tersebut. Dengan jumlah yang besar, lawan akan merasa bingung dan mengira bahwa senjata ini bisa ada dimana saja, pada siapa saja, dan dapat menembak kapan saja. Diharapkan efek ini dapat mempengaruhi moral tentara musuh karena mereka akan berfikir saat mencuci kaki di danau pun mereka bisa mati.

Tak banyak yang dapat dilihat dari FP-45 Liberator. Pistol dengan panjang total 14cm, dan berat 450g. Bahan keseluruhan 100% metal, dengan grip lebar agar nyaman digenggam dan panjang barrel hanya 10cm saja. Trigger berbentuk persegi dengan trigger guard yang terhubung ke barrel.

Bagian dalam | Sumber foto
Sketsa

Seperti yang sudah disebutkan bahwa FP-45 Liberator adalah pistol single shot dengan mekanisme yang amat sangat sederhana. Didalam hanya terdapat trigger dan sear, lalu hammer yang merangkap pin, serta beberapa spring untuk menahan hammer, trigger, dan sebuah lempengan logam sebagai pembatas antara chamber dan hammer.

Untuk menembak, operator akan mengambil sebutir peluru dari tempat penyimpanan yang terletak di dalam grip, kemudian menarik hammer, membelokkannya agar tertahan dan memasukkan peluru ke dalam chamber secara manual. Lalu hammer akan di kembalikan ke posisi semula secara perlahan untuk menutup chamber. Ketika trigger ditekan, sear akan mendorong rod yang tersambung dengan hammer dan hammer akan terdorong ke belakang. Kemudian gerakan sear yang condong ke bawah akan melepas rod yang diselimuti spring tersebut dan hammer akan maju lalu firing pin yang menyatu dengan hammer akan menghujam peluru dan pistol akan menembak.

Mekanisme

Setelah selesai menembak, chamber akan kembali dibuka, dan selongsong dokeluarkan dengan cara mendorongnya dengan sebatang kayu dari depan barrel. Untuk kembali menembak, akan diulangi prosedur yang sama (single shot).

Karena desainnya yang sangat sederhana dan murah membuat FP-45 Liberator sangat mudah diproduksi dengan cepat. Bahkan tercatat ada 1.000.000 unit yang diproduksi hanya dalam waktu 11 minggu oleh 300 pekerja dengan harga jual hanya U$ 2.10 (1942) per unit.

Sampai saat ini FP-45 Liberator masih diperjual belikan denan harga sekitar U$ 500 – U$ 650. Ingin melihat lebih dekat? Ada banyak video tentang ini di youtube. Salah satunya yang diunggah oleh Eric Rosas > https://www.youtube.com/watch?v=DYjKgIjD3ag.

Anda punya pendapat atau teori lain tentang ini? silahkan saling berbagi di kolom komentar.

Ngomong-ngomong, karena blog ini masih sangat baru, blog ini menerima “request” topik dari para pembaca untuk diangkat kedalam blog ini agar semakin lengkap. Terimakasih.

Dieter 1914
Sumber referensi:
  • Bruce N. Canfield "Desperate Times: The Liberator Pistol" American Rifleman August 2012 pp.48-51&83-84
  • Wolfgang Michel: Die Liberator Pistole FP-45: Partisanenwaffe und Instrument der psychologischen Kriegsführung. ISBN 978-3-8370-9271-4
  • "The U.S. / American Automobile Industry in World War Two / WWII". Retrieved October 19, 2016.
  • Thompson, Leroy (3 May 2011). The Colt 1911 Pistol. Bloomsbury Publishing. p. 87. ISBN 978-1-84908-836-7.
Jump up 


Komentar

Artikel Populer