Frommer Stop Pistol (1912)


Frommer Stop | Sumber foto

Frommer Stop adalah sebuah pistol semi-otomatis yang mulai diproduksi oleh Fémáru Fegyver és Gépgyár Részvénytársaság (FÉG), Hungaria tahun 1912. Digunakan oleh militer Austria-Hungaria (Kekaisaran) pada PD1 dan juga dijual ke Jerman, Bulgaria dan Turki.

Didesain oleh Rudolf Frommer, seorang insinyur berkebangsaan Hungaria. Awal abad 20 beliau mulai mendesain serangkaian pistol semi-otomatis yang dinamakan “Frommer Series” dimulai dengan Frommer 1901, lalu dilanjutkan dengan Frommer 1906, Frommer 1910 dan diakhiri dengan Frommer Stop. Dinamakan “Stop” karena pistol ini tidak memiliki nomor model (tidak seperti para pendahulunya) maka dinamakan “Stop” yang diartikan sebagai “to stop” the target atau untuk “menghentikan” lawan. Namun setelah Kekaisaran Austria-Hungaria jatuh dan Hungaria memisahkan diri menjadi sebuah negara baru, militer Hungaria mengadopsi kembali pistol ini pada tahun 1919 dan menamainya “Pizstoly 19.M” atau “Model 19”.

Desain & Mekanisme

Frommer Stop memiliki panjang 16cm, tinggi 11cm, berat 580g (magazine kosong) 630g (magazine terisi penuh) dan menggunakan beberapa amunisi diantaranya 7.65 Frommer (hot loaded), .32ACP dan selanjutnya menggunakan .380ACP.

Desainnya………. grip yang hampir vertikal (seperti Colt 1911 desain awal) dengan marking “FS” dibagian atas grip, deatachable magazine didalam grip dengan kapasitas 7 butir peluru, pelatuk mirip dengan Colt 1911 dan receivernya seperti terbagi menjadi dua bagian (ya mungkin memang terbagi menjadi 2) bagian atas adalah ruang untuk recoil spring, lalu dibawahnya adalah barrel. Recoil spring terbagi menjadi 2, yang pertama dibagian belakang untuk bolt dan yang kedua dibagian depan untuk menyerap recoil dari barrel dan mengembalikan barrel ke posisi semula. Karena posisi recoil springnya (di atas) jadi ada semacam pengait dari belakang bolt untuk tersambung ke piston, sedangkan untuk barrel pengaitnya dibagian ujung depan atas.

Sumber foto

Stop didesain sebagai “penyempurna” dari Frommer Series dimana beliau ingin membuat pistol long recoil yang mempunyai tampang modern.

Frommer Stop menggunakan mekanisme long recoil dimana saat pistol terpelatuk, hammer eksternal akan menghujam pin, dan recoil dari barrel akan mendorong bolt ke belakang (dalam posisi locked) lalu barrel akan kembali ke posisi semula sembari ejektor mengeluarkan selongsong, diikuti dengan bolt kembali ke posisi semula sembari memasukkan peluru baru ke dalam chamber dan pistol kembali ke posisi locked. Dan pelatuk harus ditekan kembali jika ingin menembak lagi (semi-otomatis). Tapi ketika si operator menarik bolt untuk mengokang pistol, barrel tidak akan ikut mundur (karena tidak ada recoil).

Desain dan mekanisme yang dinilai komplikatif membuat Frommer Stop dianggap sulit dirawat. Namun dengan perawatan yang benar dan sesuai, pistol ini akan awet. Meski begitu, produksi Frommer Stop dilanjutkan sampai tahun 1929 dan masih digunakan pada perang dunia kedua oleh militer Hungaria.

Apakah Frommer Stop masih ada? tentu masih ada dan masih diperjual-belikan oleh para kolektor. Ingin melihat lebih dekat? ada banyak video tentang Frommer Stop tersedia di youtube. Salah satunya adalah video disassembly oleh The Gun Nerd. > https://www.youtube.com/watch?v=KklgQeFsXfw

Anda punya pendapat atau teori lain tentang ini? silahkan saling berbagi di kolom komentar.

Ngomong-ngomong, karena blog ini masih sangat baru, blog ini menerima “request” topik dari para pembaca untuk diangkat kedalam blog ini agar semakin lengkap. Terimakasih.

Dieter 1914
Sumber referensi: 


Komentar